20.10.07

Ijazahku,,masa depanku

Hwaaaaaaa,,,ijazahku smp ilang,karya gw 3 taon di gowulas[gonong lawu rolas] yg tercinta,tempat ku bertapa, berguru, menuntut ilmu
So long, 2 taun lebih tu surat berharga tak terlintas dlm pikiranku
Surat yg lebi berharga drpd saham2, obligasi2, dll
Dah lama gw berkutat dlm rangka pencarian bukti kelulusan gw itu
Sejak wali kelas gw, bu erty, ngoprak2 mas yudha, ketua kelas gw, bwt ngumpulin legalisiran ijazah smp ke seluruh penjuru kelas
Jdeng,,gw dgn goblognya lgsg tanya ke temen gw, “emang smp tu ada ijzahnya ya?”
Temen:“ya ada lah, lha masuk sma gmn caranya kalo ga pake ijazah smp?”
Gw:“lho kan dulu pake skhu[surat keterangan hasil ujian]” apa skhu itu ijazahnya, coba deh tar gw potokopi trus besok minta legalisir”
Temen:”eh iya ding, tapi ada kok ijazahnya”
Gw:”masa ada tulisannya -ijazah- gitu?”
Temen:”iya. Beneran. waktu kita masuk sma baru disuruh ngambil ”
Gw:”iyaaaaa!!”
Gw inget dulu disuruh ngambil ijazah, skalian gw reuni ma temen2 yg dah pada pake setelan abu2, yg cewek lipitan roknya tinggal atu, yg cowok clananya dah tambah panjang, yah, gw mengingat saat-saat itu, saat-saat gw saling cela2an atas sgala perubahan temen2 smp gw[sudahlah ga penting,,yg penting, intinya, ijazah gw!]
Yg masih nancep sampe saat ini waktu itu gw duduk2 di taman sambil makan bakso, logikanya ijazah gw masukin tas atw gw taro,,nah di sinilah tkp dakwaan gw,, gw nanya ke mimin, nisa, tiya, temen2 yg seingat gw makan bakso bareng waktu itu, gak ada yg bawa..
Gw lgsg shock..gw..kagak..punya..ijazah..waaa..bagaimana..mungkin..?????????
Lgsg gw curhat ke ibu gw
Ibu:”mesti wes, sembarang2 ilang, gledakan[bertebaran]”
Walhasil gw dimarahi ibu dan seisi rumah
Bapak:”iyo iku, hp ilang, duit ilang, buku ilang, tenda koncoe yo ilang[gila gw baru inget tenda upik yg kirakira 2 taun yg lalu gw ilangin,,maaf pik, gw kumpulin duit dulu yak?], sampe awake[badannya] yo ilang[gila lagi, gw baru inget kalo dulu waktu sd gw pernah ilang-baca, diculik- bneran lo, gak bo’ong, tapi gw males cerita, sebenarnya unik sih, tapi kenangan buruk itu, gw buang jauhjauh, cuihhhh!!!!]
Tapi semurkamurkanya bonyok gw mreka tetep aja sayang, tetep aja mw bantu nyariin, ya jelaslah-sekali lagi-ini menyangkut masa depan gw!
Dicarilah tu ijazah keseluruh penjuru rumah, mengingat dulu ijazah mas imong-kakak gw nomer dua-pernah ilang dan ketemu di tumpukan bukubuku bekas
Dicarilah juga tu ijazah keseluruh penjuru tumpukan bukubuku bekas
Sampesampe bapak gw ngeloakin dan dpt kirakira 50rebu, alhamdulilllah
Tapi tetep aja,,,ijazah gw kagak ketemu!!!!!!!!hwaaaaaaaa……….
Harihari kulalui dgn murung, gundah gulana, dan bermuram durja
Temen2 baik gw nanya dan gw curhat kalo ijazah gw ilang
Temen:”kok iso lo?[kok bisa] ilang ndik ndi?[hilang di mana]”
Gw:”yo embo[ya nggak tau]”-gw emosi-
Gw paling gak suka kalo ada orang kehilangan trus ditanyain, ilang dimana?, sungguh pertanyaan menghibur yg sangat tidak membutuhkan jawaban, ya kalo tau ilangnya ya gak usah dicari, alias itu bukan ilang namanya..tapi gpp lah sekedar menghibur, gw tau temen2 gw maksudnya baik, ikut berduka atas ceritera gw yg amat mengharukan.
Inilah kisah perjuangan gw memperjuangkan masa depan gw…….
Ibu gw cerita ke abang tertua gw di madura. Dia bilang ngurus ijazah tu susah, harus minta surat kehilangan dari polisi, itupun harus ada bukti pernah disiarin di radio dan koran,,repot sekali, gw dah mbayangin setengah mati,,berapa duit yg bakal gw kluarin,,ada sih kenalan gw di malang post dan ada sih kakak temen gw yg mantan penyiar,,sebenernya ada jalan, ada kemauan, tapi gw bingung.
Ibu gw juga nanya ke temennya yg polisi. Dia bilang memang seperti itu prosedurnya. Ibu gw yg dasarnya emang orang tertib akhirnya terus memotivasi gw bwt ngejalanin itu smw. Gak ngurus brapa duit musti dikeluarin. Ibu gw yg baik banget.
Gw berkali-kali bolos bimbel dan ijin pas jam pelajaran demi ngejar jam kerjanya tata usaha di smp. Gw janjian nelpan nelpon sepenuh jiwa dan raga tapi pas gw nyampe smp orangnya dah pulang. Gw ke diknas kayak orang linglung nyari bagian yg ngurusin kehilangan ijazah. Gw ngisi liburan dgn bolak balik polres tanpa ada jawaban-baca dipersulit birokrasi jahanam yg selalu saja mengiringi pelayanan masyarakat-. Gw umumin berita kehilangan di stasiun radio. Gw ubekubek rak dan lemari serumah berharap bisa ketemu dengan ijazahku yg malang itu. Oh betapa..
Sesampainya gw ngepost ceritera gw yg amat mengharukan ini, ijazah smp gw tercinta belom jua ketemu. Gw mw lanjut hari senen 22 oktober 2007 ke smp, nanya nomer ijazah dan ke polres trus ntar dikasik surat keterangan bwt ke diknas biar gw bisa dibikinin ijazah lagi. Sodara gw bilang adapun gw punya ijazah baru, nanti pasti ada tulisannya duplikat, bukan ijazah asli. Gak asik bgd gak sih! Tapi gpp, yg penting gw bisa terus sekolah,,hiks,,gw bisa tetap menimba ilmu dgn sepenuh jiwaraga,,hiks,,supaya gw bisa ikut uan,,trus lulus,trus pmdk/spmb,,trus lulus lagi, trus dapet kerja, dapet jodoh,,punya anak,,punya cucu,,hiks,,meninggal dengan tenang,,dan bahagia dunia akhirat,,gak teritung orang2 yg gw ceritain ceritera gw yg amat mengahrukan ini, gw sedikit pula orang2 yg bersedia nemenin langkah gw dlm pencarian ijazah sejati. terimakasih banyak! Gw juga gak habishabisnya minta doa restu dari para readers biar ijazah gw cepet beres,,biar gw bisa ngejar citacita inceran gw yg tetep tertanam dlm lubuk sanubari gw yg terdalam,,wartawan! Doakan saya ya!

No comments: